Sabtu, 21 Juli 2012

KULTUM HARI 1 ==> Bekal Menghadapi Bulan Puasa

Alhamdulillah, marilah kita selalu memanjatkan puji dan syukur keharibaan Allah SWT, Tuhan yang nikmat-nikmatNya dicurahkan kepada kita tak terhitung oleh bilangan dan kalimat, oleh karena itu, kenikmatan yang telah kita terima ini harus kita syukuri dengan cara menggunakan hidup ini dengan sebaik- baiknya. Sholawat dan salam semoga tetap terlimpahkan pada Nabi Agung Muhammad SAW, Nabi akhir zaman yang selalu kita jadikan suri tauladan.

Hadirin yang berbahagia

Kita telah berada pada bulan yang sangat mulia, yaitu bulan Ramadhan. Marilah kita menyambut bulan ini dengan bahagia dan antusias dalam beribadah. Sebab oraang yang gembira atas datangnya Ramadhan, Allah mengharamkan tubuhnya masuk neraka. Sebagaimana sabda Nabi Muhammad:

من فرح بدخول رمضان حرم الله جسده على النيران

Artinya: “Barangsiapa yang gembira menyambut datangnya Ramadhan maka Allah mengharamkan jasadnya atas neraka.”

Apalagi dalam bulan Ramadhan ini Allah Swt mengobral pahala. Pahala dalam beribadah dilipatgandakan oleh Allah. Sampai-sampai tidurnya orang yang puasa dicatat sebagai ibadah. Sehingga orang yang mengetahui akan fadhilah atau keutamaan bulan Ramadhan ini, niscaya mereka akan meminta untuk menjadikan semua bulan seperti bulan Ramadhan.
Sebagaimana hadis dari Ibnu Abbas, ia mendengar Rasul bersabda:

لوتعلم امتى ما فى رمضان لتمنوا ان تكون السنة كلها رمضان. لأن الحسنة فيه مجتمعة والطاعة مقبولة والدعوات مستجابة
والذنوب مغفورة والجنة مشتاقة لهم

Artinya: “Andaikata umatku tahu tentang sesuatu yang tersembunyi di bulan Ramadhan, niscaya mereka mengharap seluruh bulan dalam setahun menjadi bulan Ramadhan. Sebab ia menghimpun   segala kebaikan dan taat yang dikabulkan, doa-doa dipenuhi (mustajab), segala dosa diampuni dan syurga merindukan mereka.

Hadirin wal hadirot jamaah sholat tarawih yang berbahagia

Oleh karena itu marilah kita hadapi  bulan Ramadhan ini dengan semangat beribadah supaya kita bisa mencapai derajat taqwa sebagaimana firman Allah:

Artinya ;” Hai orang-orang yang beriman diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu agar kamu bertaqwa.”

Hadirin wal hadirot jamaah sholat tarawih yang berbahagia,

Untuk memperoleh predikat taqwa ini kita harus melakukan persiapan yang cukup, dan mengisi bulan Ramadhan dengan berbagai kegiatan yang baik dan mensikapinya dengan benar. Minimal ada 3 hal yang perlu dipersiapkan dalam menyongsong bulan ramadlan yang penuh berkah ini,
Pertama, Persiapan ruh dan jasad. Kita tidak akan mampu atau berbuat maksimal dalam berpuasa jika fisiknya sakit. Oleh karena itu kita dituntut untuk menjaga kesehatan fisik, kebersihan rumah, masjid dan lingkungan. Rasulullah mencontohkan kepada umat agar selama berpuasa tetap memperhatikan kesehatan.

Kedua, Persiapan materi. Kita sebelumnya mengusahakan selama 11 bulan kita menabung dan pada bulan Ramadhan kita tidak akan ngoyo untuk mengejar rejeki sehingga kita di bulan puasa ini bisa beribadah secara khusyu’ dan maksimal. Bulan Ramadhan merupakan bulan santunan sangat dianjurkan memberi santunan, sedekah, infaq kepada orang lain, betapapun kecilnya. Santunan dan sikap ini sudah barang tentu tidak dapat dilakukan dengan baik kecuali manakala jauh sebelum Ramadhan telah ada persiapan-persiapan materi yang memadai.

Ketiga, Persiapan akal fikiran. Persiapan akal dilakukan dengan mendalami ilmu, khususnya ilmu yang terkait dengan ibadah Ramadhan. Banyak orang yang berpuasa tidak menghasilan kecuali lapar dan dahaga. Hal ini dilakukan karena puasanya tidak dilandasi dengan ilmu yang cukup. Seorang yang beramal tanpa ilmu, maka tidak menghasilkan kecuali kesia-siaan belaka. Atau bisa juga dalam bulan Ramadhan ini akal kita diisi dengan ilmu-ilmu agama yang bisa kita peroleh melalui pengajian-pengajian, kultum, dan lain sebagainya.

Hadirin wal hadhirot yang berbahagia,
Kiranya itu saja yang bisa saya sampaikan dalam kultum malam ini. Semoga kita benar-benar telah mempersiapkan diri kita untuk menjalankan ibadah di bulan yang penuh berkah ini. Semoga Allah memberikan ma’unah-Nya kepada kita sehingga kita bisa melakukan ibadah puasa di bulan Ramadhan ini dengan lancar dan mendapat pahala di sisi-Nya. Amin.


0 komentar:

Poskan Komentar

Komen Via Facebook

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites